Rustan Ibnu Abbas

Memotivasi, Mencerdaskan, Inspirastif

Kebohongan Gadis Lugu ini Menyebabkan lebih 100.000 Jiwa Melayang

Tinggalkan komentar


 Nayirah bersaksi palsu yang disampaikan di hadapan anggota Komisis HAM Kongres Amerika pada tanggal 10 Oktober 1990

Belajar dari sejarah menyebabkankita lebih bisa memahami sesuatu hal termasuk dalam hal kebohongan. Selain menghancurkan kebohongan akan merusak reputasi, integritas diri juga bisa danorang lain bahkan sampai menghancurkan satu negara.  Nayirah Al Sabah seorang gadis lugu nan polos berusia15 tahun menangis didepan Congressional Human Right Caucus (CHRC), dalamkesaksiannya ia mengatakan bahwa ia melihat tentara irak memindahkan ratusan bayi Kuwait dari inkubator dan membiarkan mereka mati di lantai-lantai rumah sakit sehingga niat Amerika untuk menyerang Irak semakin menggebu-gebu bahkan presiden Goerge Bush Senior mengutip tentang cerita inkubator ini sebanyak enamkali dan senator mengutip sebanyak tujuh kali  sebagai alasan untuk pemungutan suara memberikekuasaan kepada presiden Bush agar mengambil keputusan untuk menyerang Irak.

Keinginan untuk menyerang Irak ini dipicu oleh invasi yang dilakukan Irak yang dipimpin oleh Saddam Husain. Irak mengalami kemerosotan ekonomi yang dipicu oleh rendahnya harga petrodollar akibat kelebihan produksi oleh Kuwait. Kemerosotan ekonomi Irak diakibatkan perang delapan tahun antara Iran-Irak sehingga Irak memiliki utangke Kuwait dan Arab Saudi. Irak meminta kedua negera tersebut untuk menghapus utang-utangnya namun ternyata ditolak.  Selain itu pemerintahan Irak menuduh Kuwait melakukan pencurian minyak mereka dengan cara melakukan pengeboran miring(sland driling) di padang Rumelia yang terletak diantara perbatasan kedua negara.

Pada bulan Agustus 1990 SaddamHusain memerintahkan melakukan penyerangan penuh ke Kuwait  dengan pesawat tempurnya dan tentara langsungke pusat Ibu kota Kuwait. Hanya berselang dua hari pertempuran negara Kuwaitsudah jatuh ke tangan Irak dan Saddam Husain menjadikan Kuwait sebagai propinsi ke 19 Irak dan mengangkat  Ali HasanAl-Majid sebagai Gubernur Kuwait.

Dewan Keamanan mengecam Irak dan mengultimatum untuk segera meninggalkan Kuwait dan akan melakukan tindakan militer jika tidak meninggalkan Kuwait hingga 15 Januari 1991. Namun responSaddam Husain justeru menolak meninggalkan Kuwait. Maka koalisi Amerika Serikatdan NATO  serta beberapa negara arab menghimpun tentara sebanyak 700.000 dan siap menggempur Irak yang memiliki kekuatan pasukan sebanyak 300.000. Gempuran yang dimulai  tanggal 16-17 Januari 1991 yang disebut Operasi Badai Gurun. Diperkirakan ada sekitar 100.000 korban dari Irank dan berhasil membebaskan Kuwait dari penguasaan Irak. Tanggal 27 Februari pasukan koalisi berhasil membebaskan Kuwait.

Ternyata video dramatis Nayirahdi ABC’s Nighline  dan NBC Nightly News menyentuh jutaan pemirsa dan berhasil menggalang dukungan luar biasa bagiketerlibatan Amerika dalam konflik ini. Setelah perang selesai orang bertanya-tanya siapakah Nayirah Al Sabah tersebut. Diketahui ternyata Nayirah Merupakan putri Sheikh Saud Nasser Al-Saud Al-Sabah, Duta besar Kuwait untuk Amerika Serikatdan pernah belajar acting di Hill & Knowlton. Bos perusahaan itu menandatangani kontrak 111 milyar dengan kerajaan Kuwait. Tugasnya sederhana,Ia harus berakting untuk membujuk Amerika menambil tindakan militer ke Irak dengan kesaksian dan air mata palsunya.

Diketahui dari wartawan ABC John Martin ternyata kesaksian berupa tentara irak membiarkan 300 bayi meninggal karena dikeluarkan dari inkubator tidak benar. Banyaknya bayi yang meninggal diakibatkan karena para perawat dan dokter pergi menyelamatkan diri ketika terjadi perang antara Irak dengan Kuwait.

Kebohongan Nayirah ini merupakanjenis propaganda kekejaman yang akan dikenang sebagai wanita pemicu perang dengan korban ratusan ribu jiwa. Ternyata efek samping dari berbohong tidakhanya merusak diri sendiri tapi juga orang lain. �[6�~|/

Penulis: Rustan Ibnu Abbas

Rustan Ibnu Abbas seorang Trainer Sales, Pengajar dan penulis. Tulisan saya buat semoga bisa memberikan inspirasi dan semangat baru dalam menghadapi kehidupan ini. twitter : @RustanSMILE

Tinggalkan komentar